Selasa, 22 November 2016

Indonesia menghadapi MEA dan AFTA

Hiiiiiiiiiiiii.....
Perlu kita ketahui, dengan adanya MEA dan AFTA Indoesia merasakan imbas yang cukup besar dan berdampak pada laju ekonomi Indonesia.  Nah,, dari pada itu, maka Indonesia haruslah menyiapkan amunisi-amunisi untuk menghadapi MEA dan AFTA itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang dapat  dilakukan Indonesia untuk menghadapi MEA dan AFTA : 

  1. Mengoptimalkan pengembangan sumber daya alam , pemanfaatan lahan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat nasional maupun regional. Misalnya, menanam rempah-rempah. Rempah-rempah  adalah  prospek yang paling menguntungkan untuk dijual ke luar negeri, pola tanam rempah-rempah tidak terlalu sulit dan tidak terlalu banyak memerlukan pemeliharaan yang intens, karena dengan mudahnya berkolaborasi dengan kondisi alam dan iklim yang ada.
  2. Memprioritaskan pengembangan infrastruktur yang mendukung kegiatan perekonomian rakyat. Misalnya menyediakan kapal untuk distribusi rempah-rempah ke daerah yang membutuhkan rempah-rempah , dll.
  3. Mengedepankan usaha yang bersifat wirausaha
  4. Dalam bidang pendidikan, dapat dilakukan pengembangan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan MEA dan AFTA. Agar kelak SDM yang dihasilkan siap menghadapi persaingan yang berstandar internasional
  5. Mensosialisasikan  MEA dan AFTA kepada masyarakat, agar masyarakat bisa siap menghadapi hadapi hal tersebut. Misalnya dengan penambahan iklan layanan masyarakat tentang MEA dan AFTA.
  6. Dibidang Industri, Indonesia bisa menyiapkan produk-produk unggulannya, seperti : kakao, karet, minyak sawit, tekstil dan produk tekstil, alas kaki kulit, mebel, makanan dan minimum, pupuk dan petrokimia, otomotif, mesin dan peralatan, serta produk logam, besi, dan baja.
  7. Melakuan pembinaan kemasan, sertifikasi halal, pendaftaran merek terhadap UKM yang ada di Indonesia. Serta memfasilitasi pelaku UKM dalam pameran berskala internasional, agar produk UKM dapat dikenal secara global.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar