Jumat, 29 Juli 2016

Hoko I Chiu semboyan negara Jepang

Assalamuálaikum Wr.Wb

Apa yang kalian pikirkan tentang semboyan suatu negara? pasti Bhineka tunggal ika yang memiliki arti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu, iakan?? yang merupakan semboyan negara kita yakni Indonesia tercinta. Nah,, bagaimana dengan semboyan negara lain? misalnya Jepang, Jepang memiliki semboyan yaitu HOKO I CHIU. apa sih artinya? maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang apa sih hoko i chiu itu..
Check this out ya!

Hoko I Chiu adalah slogan persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II. Slogan ini berasal dari kalimat "掩八紘而爲宇" dalam Nihon Shoki jilid 3 bab Kaisar Jimmu yang berarti "seluruh negeri bagaikan sebuah rumah".

Pendapat lain mengatakan bahwa hakko ichiu adalah sebuah semboyan yang berisi sebuah ajaran shinto(agama asli jepang) yang mengatakan bahwa jepang harus menyusun dunia ini sebagai satu keluarga besar dan jepang bertindak sebagai kepala keluarga.

Jadi dapat disimpulkan bahwa hoko i chiu ialah semboyan negara jepang yang memili arti bahwa Jepang ingin menyatukan seluruh negara menjadi suatu keluarga. Dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin dari negara-negara tersebut. 

Semboyan ini dipakai sejak restorasi meiji (1868),yang berisikan “Jepang adalah pusat dunia dan kaisar sebagai pemimpinnya. Kaisar adalah dewa di dunia yang mendapat kedewaannya dari amaterasu omikami langsung. Kami (dewa), melindungi jepang dengan segala kekuatannya hal ini menjadikan jepang suprior, lebih kuat, istimewa dibanding negara lain di dunia semua hal tesebut adalah dasar dari kodushugisa (jalan kekaisaran) sehingga jepang memiliki misi suci untuk menjadikan dunia sebagai satu keluarga dengan jepang sebagai pemimpin.” Dan sejak itu pula agama shinto dijadikan agama negara dan mendapat kedudukan istimewa dalam pemerintahan. Pejabat-pejabat shinto mendapat kedudukan penting dalam kabinet, dan doktrin-doktrin yang didasarkan pada shinto dipropagandakan oleh pemerintah. isi hakko ichiu dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan pada masa itu.

namu pada zaman sekarang, Hakko Ichiu dijelaskan sebagai "slogan yang dipakai untuk pembenaran agresi Jepang ke luar negeri selama Perang Dunia II." Heibonsha World Encyclopediamenjelaskannya sebagai "stereotipe ultranasionalisme berupa doktrin bangsa sendiri sebagai ras tertinggi dan doktrin supremasi untuk melakukan opresi dan aneksasi terhadap bangsa lain yang diperluas hingga agresi oleh negara dan militer untuk mencapai tujuan tersebut, serta gerakan/ide untuk peng-ortodoks-an, penyatuan, dan mobilisasi rakyat.




Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Hakko_Ichiu
http://terbeselung.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-semboyan-hakko-ichiu.html
http://ataunmuhjember.blogspot.co.id/2015/11/hakko-ichiu-tiga-a.html
http://dapitagustian.blogspot.co.id/2015/06/sejarah-hakko-ichiu.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar