Kamis, 04 Februari 2016

Kelebihan dan Kelemahan teori masuknya Hindu Buddha



Assalamuálaikum Wr.Wb
Hai semua 
Sebelum kita membahas teoti masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengenal Agama hindu dan Buddha.yukkk....

  • Agama Hindu
    Agama ini merupakan agama tertua di dunia, yang  muncul sekitar tahun 3102 SM sampai 1300 SM di India. Agama ini masuk beriringan dengan masuknya  bangsa Arya (bangsa nomaden yang masuk ke India dari Asia Tengah melalui Celah Kaibet) ke India. Datangnya bangsa Arya ini mendesak penduduk asli India yaitu bangsa Dravida keDataran Tinggi Dekkan.  Kemudian terjadi percampuran budaya antara bangsa Arya dan Dravida yang menghasilkan kebudayaan Hindu.

  • Agama Buddha
    Ajaran Buddha dibawa Sidartha Gautama sekita abad ke-6 SM. Siddartha sendiri merupakan anak dari raja Suddhodana yang merupakan keturunan suku Sakya dan  seorang penganut agama Hindu. Ibunya ialah ratu Maha Maya Dewi. Siddartha semasa kecilnya selalu dilimpahi kemewahan oleh orang tuanya, hal itu disebabkan oleh adanya ramalan para pendeta yang mengatakan bahwa ia akan menjadi seorang pendeta yang besar.Pendeta jnuga berpesan agar sang pangeran tidak bertemu dengan empat macam situasi yaitu: orang sakit, orang mati, orang tua, dan seorang pertapa.
    Ketika berumur -29 Siddartha menyelinap keluar dari istananya, diperjalananya ia bertemu dengan orang sakit, orang mati, orang tua, dan seorang pertapa,ia pun berpikir ‘mengapa semua ini terjadi?’. Untuk menemukan jawabannya pun ia keluar dari istana dan menjadi seorang pertapa. Sampai ia berumur 35 tahun ketika ia berada di kota Bodh Gaya ia memperoleh pencerahan dan menjadi seorang Buddha. Jadi, Buddha ialah ajaran dari seseorang yang mendapat pencerahan.
Nah.. setelah mengenal Agama hindu dan Buddha, marilah kita memahami bagaimana proses masuknya Agam Hindu dan Buddha ke Indonesia. Agama Hindu dan Buddha menurut para ahli masuk ke Indonesia dalam empat Teori yakni:
1.     Teori Waisya
Teori ini dikemukakan oleh N.J Krom, dengan dasar motivasi terbesar bangsa India ke Indonesia adalah untuk berdagang. Mereka pun menetap di Indonesia, menikah dengan warga pribumi, hingga terjadi interaksi sosial yang memungkinkan mereka menyebarkan agama dan kebudayaan mereka.
Kelebihan teori ini adalah setiap pedagang pasti membutuhkan area yang perdagangan yan lebih luas. Lalu agama Hindu dan Buddha juga dapat menyebar melaluli keturunan, pedagang yang datang ke Indonesia bisa saja menikah dan memiliki keturunan yang beragama Hindu atau Buddha tujuannya agar agama mereka tersebar.
Namun teori ini memiliki kelemahan, yakni apabila yang menyebarkan agama Hindu dan Buddha ialah pedagang pasti penduduk yang menganut agama Hindu dan Buddah tinggal di daerah pantai, namun kenyataan kerajaan yang bercorak  Hindu-buddha berada di daerah pedalaman Pulau Jawa. Serta para pedagang yang datang ke Indonesia tidak menguasai huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.

2.     Teori Ksatria
Teori ini disampaikan oleh F.D.K Bosch. Ia berpendapat bawa pada zaman dahulu sering terjadi perang antar golongan. Golongan yang kalah atau bosan dengan keadaan yang panas memutuskan utuk keluar dari India. Ternyata diantara yang keluar dari India tersebut ada yang sampai ke Indonesia. Maka golongan yang datang tersebut membentuk kolonisasi di daerah Indonesia. selain itu migrasinya golongan kesatria ke Indonesia didorong oleh semangat bertualang dan menaklukan daerah lain. 
Namun kelemahan dari teori ini adalah golongan kesatrian tidak mengusai bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa, sedangkan peninggalan-peningalan yang ada di Indonesia menggunakan huruf pallawa dan bahasa sannsekerta. lalu tidak ada bukti kolonisasi yang dibentuk golongan kesatria yang memutuskan pindah dari India.

3.     Teori Brahmana
Teori ini dikemukakan oleh Jc.Van Leur yang menyatakan bahwa agama dan kebudayaan Hindu-Budha yang datang ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana (golongan agama) yang sengaja diundang oleh penguasa Indonesia. Pendapatnya didasarkan pada pengamatan terhadap sisa-sisa peninggalan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia, terutama pada prasasti-prasasti yang menggunakan Bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa. Di India bahasa itu hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan dan hanya golongan Brahmana yang mengerti dan menguasai penggunaan bahasa tersebut. teori ini juga didukung dengan hanya
 Teori ini mempertegas bahwa hanya kasta Brahmana yang memahami ajaran Hindu secara utuh dan benar. Para Brahmanalah yang mempunyai hak dan mampu membaca kitab Weda (kitab suci agama Hindu) sehingga penyebaran agama Hindu ke Indonesia hanya dapat dilakukan oleh golongan Brahmana. Namun teori ini memiliki kekurangan yakni para pendeta Hindu pantang untuk menyebrangi lautan.

4.      Teori Arus Balik / Nasional

         Teori ini dikemukakan oleh F.D.K Bosch yang menjelaskan peran aktif orang-orang Indonesia dalam penyebaran kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Menurut Bosch, yang pertama kali datang ke Indonesia adalah orang-orang India yang memiliki semangat untuk menyebarkan Hindu-Budha. Karena pengaruhnya itu, ada di antara tokoh masyarakat yang tertarik untuk mengikuti ajarannya. Pada perkembangan selanjutnya, banyak orang Indonesia sendiri yang pergi ke India untuk berziarah dan belajar agama Hindu-Budha di India. Sekembalinya di Indonesia, merekalah yang mengajarkannya pada masyarakat Indonesia yang lain.
Namun ,kemungkinaan orang Indonesia untuk belejar agama Hindu-Budha ke india sulit, karena pada masa itu orang Indonesia masih bersifat pasif.

Sekian dari saya.. Terima kasih :)

Sumber: 
http://ilmusosial.net/kelemahan-dan-kelebihan-teori-waisya.html
http://www.artikelsiana.com/2014/08/teori-tentang-masuk-dan-berkembangnya.html 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar