Selasa, 05 April 2016

Kongsi Dagang Eropa


Kongsi-Kongsi Dagang Negara Eropa

1.Kongsi Dagang Inggris


East India Company

East India Company tepatnya didirikan pada tanggal 31 januari 1599. Royal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan perusahaan yang baru berdiri ini sebuah monopoli dalam seluruh perdagangan di Hindia Timur. Perusahaan ini berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke salah satu yang memerintah India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan, sampai pembubarannya pada tahun 1858.

Adam Smith menulis, "Perbedaan antara konstitusi Britania yang jenius yang melindungi dan memerintah Amerika Utara, dan dari yang perusahaan perdagangan menekan dan mendominasi Hindia Timur, tidak dapat mungkin dapat digambarkan dari perbedaan "state" dari negara-negara tersebut."

2. Kongsi Dagang Portugis
Compagnie des Indies

                     The French East India Company ( Perancis : Compagnie française pour le perdagangan des Indes orientales ) adalah sebuah perusahaan komersial , yang didirikan pada tahun 1664 untuk bersaing dengan Inggris (kemudian Inggris ) dan Belanda East India perusahaan di Hindia Timur . Didirikan oleh Philip III.

                    Direncanakan oleh Jean - Baptiste Colbert , itu disewa oleh Raja Louis XIV untuk menciptakan sebuah perusahaan carteran nasional untuk menjaga kepentingan di India Portugis di wajah pada perambahan oleh Belanda dan Inggris menyusul persatuan  Kerajaan Portugis dan Spanyol . tujuan perdagangan di belahan bumi Timur . Ini dihasilkan dari fusi tiga perusahaan sebelumnya, 1660 Compagnie de Chine , Compagnie d' Orient dan Compagnie de Madagascar . Pertama Direktur Jenderal Perseroan adalah De Faye , yang disatukan dua Direktur milik dua organisasi perdagangan yang paling sukses pada saat itu : François Caron , yang telah menghabiskan 30 tahun bekerja untuk Perusahaan India Timur Belanda , termasuk lebih dari 20 tahun di Jepang,  dan Marcara Avanchintz , seorang pedagang dari Ispahan , Persia .

3.Kongsi Dagang Spanyol

Spanish East Indies

The Spanyol Hindia (Indias orientales españolas) adalah wilayah Spanyol di Asia-Pasifik dari 1565 sampai 1898. Ini terdiri Kepulauan Filipina, Guam dan Kepulauan Mariana, Kepulauan Caroline (Palau dan Negara Federasi Mikronesia), bagian dari Formosa (Taiwan) dan Maluku. Cebu adalah kursi pertama pemerintahan, kemudian dipindahkan ke Manila. Dari 1565-1821 wilayah tersebut, bersama-sama dengan Spanyol West Indies, yang diberikan melalui Sub Kerajaan Spanyol Baru yang berbasis di Mexico City.

Raja Spanyol tradisional menyebut dirinya "Raja dari Timur dan Barat Hindia" (Rey de las Indias orientales y occidentales). [A] Setelah kemerdekaan Meksiko, mereka diperintah langsung dari Madrid.


Urusan administrasi dari Spanyol Hindia ditangani oleh Kapten Jenderal Filipina dan Real Audiencia Manila. Setelah Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898, sebagian besar pulau-pulau ditempati oleh Amerika Serikat sementara wilayah sisanya dijual ke Jerman selama Perjanjian Jerman-Spanyol 1899.

http://sejarah103-12.blogspot.co.id/2015/04/kongsi-kongsi-dagang-negara-eropa.html
http://coretantakberujung.blogspot.co.id/2015/04/kongsi-dagang-negara-negara-barat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar